Social

Keutamaan Sedekah Jum’at

Hari jum’at, hari yang sangat mulia bagi kaum muslim. Hari yang memiliki berbagai keutamaan karena di hari jum’at terdapat waktu-waktu yang akan dikabulkan do’a. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]. Ada berbagai macam amalan yang bisa kita lakukan di hari Jum’at, seperti membaca surat Al-Kahfi, memperbanyak berdo’a, memperbanyak shalawat Nabi dan lain sebagainya. Diantara amalan-amalan tersebut ada satu amalan yang begitu dahsyat yaitu bersedekah.

 

Sedekah adalah salah satu amal pemberat manusia menuju Surga. Sedekah pun tidak hanya soal materi. Nasehat, menolong sesama, bahkan senyumanmu untuk Saudaramu adalah bentuk amalan. Lantas, ada pertanyaan bagaimana jika kita sedekah dalam jumlah yang sedikit? Bersedekah sesungguhnya tidak ada takaran untuk besaran jumlahnya. Karena Allah sendiri telah menjamin pahala bagi mereka yang sudah berniat ikhlas dalam bersedekah. Sedekah walaupun sedikit tapi dilakukan secara rutin itu jauh lebih baik dibandingkan banyak, namun tidak kontinyu atau bahkan sama sekali.

 

Di hari Jum’at pula sedekah memiliki banyak keutamaan karena sedekah dihari ini sama halnya dengan sedekah di bulan Ramadhan. Ibnu Qayyim berkata,”Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya..” Selain itu, Allah juga akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah di hari Jum’at. Sedekah di hari Jum’at lebih baik dilakukan sebelum pergi melaksanakan shalat Jum’at dan dianjurkan juga untuk sedekah secara sembunyi tanpa diketahui orang lain agar terhindar dari sifat riya’ (pamer).

 

Sahabat, sungguh istimewa dan dahsyatnya hari Jum’at sampai Allah pun akan menjamin pahala bagi siapapun yang melaksanakan amalan-amalan mulia di hari Jum’at. Dengan bersedekah kita tidak hanya telah mengerjakan suatu amalan, tapi juga sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat-Nya untuk kita. Sedekah juga sebagai penggugur dosa serta untuk membantu meringankan beban para dhuafa yang hidupnya tidaklah seberuntung kita saat ini. Yuk, kita perbanyak sedekah untuk wujudkan kehidupan para dhuafa yang lebih baik

Hari Jumat adalah hari yang paling utama di hari-hari yang lain. Di hari itulah Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah.

Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain”.

Apalagi sedekah merupakan amalan yang sering disebut-sebut di dalam Al Quran dan Hadist. Alloh akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

Nah, apalagi jika bersedekah di hari jumat, tentu saja pahala yang diberikan oleh Alloh SWT akan dilipatgandakan berkali-kali.

Dalam kitabnya Zadul Ma’ad Ibnul Qoyim menganjurkan setiap muslim untuk memberikan sedekah sebelum sholat jumat dan memberikannya tanpa diketahui orang lain.

“Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam,”katanya.

Selain dilipatgandakannya pahala yang berkali-kali lipat sedekah dapat memadamkan panas kuburannya dan di hari kiamat akan bernaung di bawah naungan sedekah.

“Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan panas kuburan dari penghuninya. Dan sesungguhnya orang mukmin pada hari Kiamat kelak akan bernaung di bawah naungan sedekahnya.” (HR Ath-Thabrani dan al-Baihaqi).

Keutamaan lainnya, sedekah dapat memperpanjang umur kita. Ketika di hari biasa bersedekah, bagaimana jika di hari jumat. Tentu saja keutamaanya juga berlipat ganda.

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Begitu banyak keutamaan sedekah di hari jumat, untuk itu yuk sedekah di Yayasan Pundi Rakyat

“Semakin banyak kita memberi, maka akan semakin banyak kita menerima”. Mungkin istilah tersebut sangat tepat bagi orang-orang yang rajin bersedekah. Ya, tangan di atas itu sesungguhnya lebih baik daripada tangan di bawah. Dengan semakin banyak kita memberi sedekah kepada mereka yang membutuhkan, maka rezeki yang kita diterima pun akan semakin berlimpah. Selain, itu sedekah juga memiliki berbagai keutamaan yang lain.

Sedekah dapat menghapus dosa-dosa kita. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, yang artinya : “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi). Sedekah, adalah cara mudah yang telah Allah sediakan untuk mengikis perbuatan dosa manusia. Bersedekah pun bisa dalam bentuk apa saja tidak harus dalam bentuk materi. Bahkan, senyuman untuk saudara kita adalah juga sedekah. Mengutamakan sedekah tidak akan mengurangi harta kita. Tapi justru akan mendatangkan rezeki yang tidak kita sangka-sangka. Allah pun akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah. Rasulullah pun telah jelas mengungkapkan bahwa orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari akhir nanti, salah satunya adalah mereka orang-orang yang bersedekah.

 

Sahabat, diantara waktu yang paling baik untuk bersedekah adalah di hari Jumat. Bahkan, disebut sebagai sayyidul ayyam atau pemimpin hari-hari lainnya. Dimana pada hari itu, Allah membuka langit ampunan bagi hambaNya, segala doa akan dikabulkan, dan amalan-amalan baik akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk sedekah. “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya”. (Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf).

 

Sedekah di hari Jumat juga memiliki keutamaan lain, yaitu setara dengan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Tentunya kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah sehingga pastinya amalan dan nilai kebaikan yang terkandung didalamnya sungguh sangat mulia. Sebagaimana dalam hadist berikut, Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibandingkan dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya”.

 

MasyaAllah, begitu dahsyatnya keutamaan sedekah di hari Jumat. Semoga Allah senantiasa memudahkan kita semua untuk menunaikan sedekah. Serta meluaskan maaf dan rezeki bagi kita semua. Jangan takut untuk bersedekah dan mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan. Sedekah kita untuk kesejahteraan dan mewujudkan harapan kaum dhuafa yang lebih baik.

Semoga rezeki kita semakin berkah dengan bersedekah! Jangan ragu untuk mengeluarkan sebagian harta kita untuk memberi manfaat pada sesama, karena kelak Allah menggantinya dengan keberkahan berkali lipat.

 

Kamu bisa langsung menghubungi WA center Yayasan Pundi Rakyat lho untuk info lengkap seputar program-program Yayasan Pundi Rakyat. Karena kami juga memiliki program khusus sedekah di hari Jum’at. Sobat kebaikan juga bisa langsung kepoin akun media sosial kami untuk melihat update kegiatan-kegiatan setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.