BEKAL MENDIDIK ANAK

(By. Ustadzah Yanti Tanjung)

 

🌹 Langkah awal bekal ayah bunda dalam pengasuhan dan pendidikan anak setidaknya seperti ini :

 

1⃣ Paham tentang hakekat berpikir, disini membahas definisi berpikir berikut komponenya dan bagaimana mengaktifkan seluruh komponen hingga didaptkan kecerdasan berpikir anak. Dari sini pula ibu akan dapat memahami hakekat berpikir anak, pembagian berpikir, level berpikir anak sesuai usia, membangkitkan anak melalui pemikiran mustanir dll. Saat terjadinya proses berpikir ini ayah bunda berupaya membangun pondasi aqidah Islam dan menjadikannya sebagai qaedah (landasan) berpikir anak lalu meletakkan ideologi Islam sebagai qiyadah (kepemimpinan) berpikir anak. Sehingga anak hanya menggunakan sudut pandang saja dalam menyelesaikan persoalan kehidupan yaitu Islam. Islam inipun menjadi way of life (ideologi) dan memimpin seluruh pemikiran.

 

2⃣ Paham Tentang hakekat potensi hidup anak terkait dengan kebutuhan fisik (hajatul udhowiyyah) dan naluri-naluri (gharaiz). Dari sini ibu akan paham dari mana munculnya masalah anak dan dari mana munculnya prilaku anak berikut paham bagaimana memberikan solusi yang tepat bagi setiap persoalan anak dan cara memenuhi kebutuhan-kebutuhan anak dengan benar. Juga akan paham kearah mana dominasi kecendrungan anak sehingga potensi mana yang hendak dilejitkan.

 

3⃣ Memahami metode pembelajaran dalam islam yaitu talaqqiyan fikriyyan, ilmu untuk diamalkan, mengikatkan pemahaman dengan amal, melahirkan anak pemikir bukan anak penghafal.

 

4⃣ Memiliki kekayaan strategi dalam mendidik, tidak pernah kering idenya dan jika gagal tak pernah putus asa, karena ayah bunda memiliki seribu cara untuk meraih cita2 tentang anak.

 

🍃🍃 Berpikir cara dan sarana pun bisa sederhana dan murah untuk merealisakian konsep dan menguatkan metode pembelajaran.

 

🌹🌹 Insya Allah ayah bunda akan lebih kreatif dan bisa pasang badan bahwa uslub ayah bunda bisa lebih bernas dibandingkan pakar parenting manapun. Silahkan dicoba !!!!

🍃🌹🍃

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top